-->

Feat

Tanamkan Tauhid Sosial, SMP Mutual Adakan Idul Adha Camp di Pelosok Desa

 

Foto : Penyerahan 2 ekor sapi dan 1 kambing oleh Kepala SMP Mutual kepada masyarakat Glodong Tengah Sawangan di lereng Merapi 

SURYAWARTA.COM-Magelang Ratusan siswa SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang dari kelas VII dan VIII fullday mengikuti kegiatan idul adha camp yang diselenggarakan oleh sekolah. Acara ini merupakan program sekolah dalam memberikan ruang pembelajaran kegiatan idul qurban. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari rabu sampai dengan kamis (19-20/06) di Bumi Perkemahan Gunung Gupak Sawangan Magelang.

Dalam kegiatan ini, SMP Mutual menyembelih hewan qurban sebanyak 2 sapi dan 1 kambing atas amanah shohibul qurban. Acara juga dikemas dengan kemah pandu hizbul wathan sebagai ciri sekolah Muhammadiyah. Para siswa juga membaur langsung bersama Masyarakat saat pentasyarufan hewan qurban. Selain itu, kegiatan juga ditutup dengan penanaman pohon untuk memberikan wujud cinta terhadap alam semesta.

Foto : Penyerahan simbolis daging qurban dari siswa SMP Mutual kepada masyarakat Glodong Tengah Sawangan saat kegiatan Idul Adha Camp

Fury Fariansyah selaku ketua panitia kegiatan menyampaikan bahwa memilih Lokasi di Bumi Perkemahan Gunung Gupak Sawangan ini bertujuan untuk memberikan manfaat tebar hewan qurban sampai dipelosok desa. Bahkan, Lokasi ini berada di lereng gunung Merapi.

“Kita kemas dengan camping. Selain itu juga bekerjasama dengan masyarakat Glondong Tengah Sawangan sehingga dapat memberikan pengalaman berharga untuk para siswa dalam bermasyarakat secara langsung”, katanya.

Foto : Kegiatan Hizbul Wathan saat api unggun dan pentas seni

Selain bertujuan penyaluran hewan qurban, siswa juga dapat mengenal masyarakat pedesaan yang masih kental dengan budaya unggah ungguh. Ini jarang mereka dapati di kota, apalagi perumahan yang lebih terkenal elitis.

“Dalam kegiatan ini juga diisi kegiatan kepanduan milik Muhammadiyah, hisbul watahan. Mereka diajarkan hidup mandiri, survaivel dan juga cinta tanah air sebgaimana Muhammadiyah pahami”, ujar pria yang juga menjadi guru PAI tersebut.

Wasi’un selaku kepala sekolah saat diwawancarai menyampaikan bahwa kegiatan ini wujud menanamkan tauhid sosial kepada diri siswa. Dalam sambutannya, ia mengajak para siswa untuk mengenal pengorbanan Ibrahim. Selain itu, ada nilai sosial yang dapat diambil seperti pengorbanan atas titipan Allah, kepedulian sesama dan berbagi yang itu wujud tauhid sosial. 

“Idul Adha mengajarkan tauhid yang tidak hanya mengimani Allah. Namun, kita dihadapkan dengan semangat pengorbanan, berbagi dan peduli dengan lingkungan sekitar. Buah dari keimanan adalah akhlaq yang karimah”, pesannya. 

Foto : Wasi'un selaku kepala sekolah saat penanaman pohon dilokasi kemah sebagai bentuk baksos

Tegas pria yang juga ketua Forum Komunikasi Kepala Sekolah Muhammadiyah  (FKKS) SMP/ MTs Se Jawa Tengah ini menekankan kepada para siswa bahwa dari kegiatan ini dapat menjadikan siswa semakin peka terhadap lingkungan. Punya rasa peduli dan empati, tidak hanya kepada manusia namun kepada semua ciptaan Allah sehingga diajak juga dengan merawat alam melalui tanam pohon bersama dilingkungan Gunung Gupak.

Kadus Glondong Tengah dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih kepada SMP Mutual. Dengan diberikan sapi 2 ekor yang disembelih dan dibagikan kepada warganya tentu memberikan rasa gembira. Bahkan ini menurutnya sangat cukup.

“Kami mewakili masyarakat sangat berterimakasih kepada SMP Mutual. Semoga SMP Mutual semakin jaya dan dilain kesempatan dapat berkolaborasi kembali”, tuturnya.

Saat ditemui wartawan, Alvaro salah satu siswa SMP Mutual merasa senang dengan kegiatan ini. Terlebih saat api unggun, mereka melihat aksi persembahan per regu sehingga dapat menghibur dan melihat kreatifitas kelompok lain.

“Asyik. Meskipun capek, kalau ada lagi saya suka”, ucapnya. (Mgl/fur)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tanamkan Tauhid Sosial, SMP Mutual Adakan Idul Adha Camp di Pelosok Desa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel