-->

Feat

SMP Mutual Kenalkan Wayang Siladan dan Tari Soreng di 3 Negara

 

Foto : Penampilan tari soreng oleh siswa SMP Mutual di Malaysia dan Thailand dalam cara ISF 2024

SURYAWARTA.COM-Magelang Sebanyak 30 siswa SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang mengikuti kegiatan Intentaional Student Festival (ISF) yang berlangsung di tiga negara ASEAN, Malaysia, Singapura dan Tailand. Kegiatan ini berlangsung selama 3-9 Agustus 2024 dengan didampingi 5 pendamping.

Dalam kegiatan ini, para siswa mengikuti lomba-lomba dan juga bertandang kesekolah-sekolah terbaik dinegara tersebut sebagai bagian dari study tiru. Selain itu, para siswa pasti akan menemukan budaya-budaya baru yang tentu harus diambil secara positif. Dalam acara ini, rombogan dari SMP Mutual juga mengenalkan berbagai warisan budaya Indonesia. Diantaranya mengenalkan Wayang Siladan dan Tari Sorengan.

Wayang Siladan merupakan warisan budaya masyarakat Borobudur Magelang. Wayang ini berbeda dari wayang pada umumnya. Karakternya bebas. Dibuat dari belahan bambu kecil-kecil. Sedangkan Soreng merupakan tari khas dari masyarakat lereng gunung Merbabu sebagai bukti kesyukuran para petani yang mendapatkan tanah yang subur dari sang Ilahi.

Wasi’un, M. Pd selaku kepala SMP Mutual Kota Magelang merasa bangga turut mengenalkan budaya Indonesia kemancanegara. Ini sebagai wujud cinta tanah air untuk mengenalkan budaya Indonesia kemasyarakat luas. Tidak hanya ditingkat nasional, namun sampai international.

Foto : Salah satu siswa SMP Mutual saat mengajari pembuatan wayang siladan kepada para guru di STMI Tengku Iskandar Malaysia 

“Terimakasih saya sampaikan atas dukungan orang tua sehingga anak-anak bisa mengikuti ISF 2024 ditiga negara. Semoga nantinya membawa banyak manfaat yang bersifat positif sehingga dapat  menginspirasi teman yang lainnya”, ujar Wasi’un.

Salah satu siswa yang berpartisipasi, Tsabitaa Aila Zawwa dari Kelas IX Amru Bin Ash, merasa senang dan bahagia bisa membawa kebudayaan Indonesia ke luar negeri. 

“Ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Saya senang bisa memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia,” ungkap Tsabitaa.

Penampilan siswa SMP Mutual ini tidak hanya menunjukkan kebudayaan Indonesia yang kaya, tetapi juga memperkuat hubungan persahabatan antarnegara ASEAN melalui seni dan budaya.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SMP Mutual Kenalkan Wayang Siladan dan Tari Soreng di 3 Negara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel